Jumat, 17 Juni 2011

Menguninstall Oracle 10g

Sekedar menge-post sesuatu buat temen-temen yang mungkin bermanfaat buat kedepannya. Sebelumnya saya pernah menge-post cara install Oracle 10g. Nah rasanya kurang lengkap kalau saya belum membahas (bahasane ilo....) bagaimana cara Uninstall Oracle 10g dengan aman, nyaman, tentram dan selamat dari service yang mengganggu. Tapi satu kendala yang saya belum pecahkan. Yaitu ketika kita menghapus semua file di directory oracle ada satu file yang tidak bisa dihapus, yaitu file "oci.dll" kalau tidak salah,,hehehe.
Sekedar menge-post sesuatu buat temen-temen yang mungkin bermanfaat buat kedepannya. Sebelumnya saya pernah menge-post cara install Oracle 10g. Nah rasanya kurang lengkap kalau saya belum membahas (bahasane ilo....) bagaimana cara Uninstall Oracle 10g dengan aman, nyaman, tentram dan selamat dari service yang mengganggu. Tapi satu kendala yang saya belum pecahkan. Yaitu ketika kita menghapus semua file di directory oracle ada satu file yang tidak bisa dihapus, yaitu file "oci.dll" kalau tidak salah,,
Nah agar ringkas saya langsung ke topik pembicaraan. Sebelum mengUninstall Oracle 10g stop semua service Oracle. Yaitu (lihat gambar) :

Kemudian hapus semua database yang ada melalui DBCA dan pilih delete database, (lihat gambar) :

Selanjutnya Uninstall aplikasi-aplikasi pendukung Oracle 10g (iSqlplus,dll) dari Universal Installer dan kemudian pilih Deinstall Product dan remove semua aplikasi (lihat gambar) :

Apabila registry ingin sekalian dibersihkan bisa masuk ke Registry Editor dan hapus registry oracle. Nah sekian corat-coret saya dan semoga bermanfaat bagi para pembaca / pengunjung. Nah mungkin ada pembaca yang mungkin menemukan cara yang lebih praktis bisa share sekalian. Ini semua berdasarkan apa yang saya alami dan saya coba sendiri. Jadi apabila kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih

2 komentar:

  1. saya pernah membaca salah satu blok tentang cara unistal oracle dan caranya berbeda dengan yang anda sampaikan.
    dan hasilnya untuk oci.dll dan msvcr71.dll tidak dapat saya hapus, bagaimana untuk menghapus file tersebut??
    mohon bantuannya..!!kalau bisa segera y...!!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas...
      kendala yang saya alami hanya pada file oci.dll
      tapi setelah saya restart, semua file directory oracle terhapus semua..
      ini memang cara yang saya coba sendiri karena beberapa kali reinstal database oracle.
      semoga membantu

      Hapus

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum