Jumat, 24 Juni 2011

Komputer Lambat Setelah Install Oracle 10g

Bagi para mahasiswa atau karyawan yang sedang belajar tentang Oracle, biasanya harus menginstal software Oracle, nah disini penulis membahas kenapa ketika sesudah menginstal Oracle 10g komputer kita akan menjadi lambat (lemot). Ketika kita menginstal Oracle 10g, komputer kita bertindak sebagi server,client dan database. Untuk bisa memanage system database, Oracle menginstal service agar selain bisa memanage database, kita juga diberi interface akses ke database (isqlplus / sqlplus). Service tersebut biasanya akan memakan RAM 1GB. Nah service apa saja yang berjalan ketika menjalankan Oracle 10g ??
Berikut service yang bawaan dari Oracle :
Nah anda bisa mengubah status service tersebut menjadi manual. Kalau automatic, maka ketika komputer anda booting, maka service tersebut akan langsung berjalan dan menamnah beban komputer anda. Jika ingin komputer anda tidak terbebani dengan service Oracle, anda bisa memanualkan service tersebut dan aktifkan jika perlu saja. Nah biasnya kalau anda tidak lengkap menguninstal Oracle 10g, maka biasanya ada service yang tidak terhapus. Contoh pada gambar diatas. Ada 2 service oracle yang berjalan dengan nama oracleDB console agus dan orcl, nah penulis ketika coba menguninstal kurang lengkap dan masih tertinggal service yang dulu. untuk mengakalinya service tersebut saya disabled agar tidak mempengaruhi kinerja komputer.
Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi pengunjung.
Terima kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum